Minggu, 29 Juni 2014

Kenangan si EmBah


29 juni 2014 (LIMUNY) at 23.27

namanya mbah mansyur kalo saya gk salah dengan ingatan saya. mbah ini rajin shalat ke masjid.(meskipun sudah tua) masjid terdekat dengan rumahnya yaitu masjid Al-Mukmin di jalan kaliurang deket kost ku. umurnya 85 tahun. cuman sedikit aku tau masa lalunya (kisah mudanya) . dia bekerja sebagai PMI ketika zaman peperangan indonesia. dia selalu bilang sambil genggam tangan dan mengepalkannya. "(kata2 nya lupa selalu berhubungan kemerdekaan indonesia)".

setiap hari senin malam di masjid Al-Mukmin selalu mengadakan kajian rutin "Sirah Sahabat". mbah selalu datang , tapi dia selalu tidur dengan monyongnya (bayangin kan deh) (kadang abis shalat wajib juga lagi pada dzikir ni mbah monyong juga sambil memejamkan matanya). sayangnya aku gk punya potonya deh. dan ketika kajian selesai dia seketika bangun sambil menunggu jatah snack pribadinya. (jadi kayak punya insting) (emang disediain snack diakhir kajian). setelah dapet snack dan selang 15 menit an. dia beranjak pulang. karena sudah larut malam pukul 22.00.

mbah ini orangnya lucu. cuman pas poto ini aja agak serem.wkwkwk.
kalo mau ngomong sama dia, mulut kita harus 1 cm dari telinganya hiks hiks.(maklum sudah mbah2)
setiap saya bertemu dengan dia , dia selalu geleng2 kepala dengan senyum lebarnya (tanpa gigi kan sudah ompong) , seketika itu saya sambil nyengir (kan masih punya gigi) dan mendekatinya untuk bersalaman.
salaman bersama mbah serasa masa masa tahun 45. genggaman yang kuat dan suara kebebasan (jaman dulu).
kadang pas mau shalat saya sediain kursi untuknya , kadang mas fitri (selaku takmir) dan kadanga mas saifuddin dan mas arjun atau warga setempat.
mbah shalat sambil duduk di kursi biru yang dialasi dengan kain putih.

ketika menjelang shalat wajib (waktu jeda) , saya sering menyentil telinganya dari belakang, lalu dia nengok2 dan nuduh saya, saya nggak ngaku2 deh wkwkwk. pernah pas shalat jum'at, saya enggak tahu tuh si mbah lagi shalat sunnah (sambil duduk) terus saya sentil telinganya kemudian si mbah berdehem. dan ketika itu saya sadar "eh buset lagi shalat saya sentil". tapi setelah shalat sunnah , si mbah tak bisikin di kupingnya "maaf mbah gk tau kalo lagi shalat". terus si mbah malah ngetawain saya wkwkwk. saya senyum2 nyengir aja deh.

cuman udah lama saya gk shalat di Al-Mukmin. saya memiilih shalat di Al-Huda. hal yang sangat disayangkan. dan udah 2 pekan menjelang puasa saya gk ikut kajian dan tidak bisa berjumpa dengan mbah. dan pas masuk bulan puasa ramadhan saya shalat di Al-Mukmin lagi.
dan seketika itu saya dapet berita dari mas fitri "mbah udah nggak ada". (clentong pikiran saya).
pada pagi harinya pukul 9 yang saya hendak berguru (les) dengan mas fitri. kejadiannya dini hari ujarnya

sangat menyesal sekali saya gk shalat di masjid itu. giliran ke sana saya udah gk bisa bertemu dengan mbah lagi. gk biisa lihat geleng2 nya lagi. gk bisa salaman dengan mbah lagi. enggak bisa liat monyongnya lagi. gk bisa bisikin dia lagi  gk bisa sentil telinganya lagi. mbah yang umurnya 85 tahun masih rajin ke masjid. dan kita kita ?.

saya memohon kepada kawan2 dan sahabat2 yang membaca postingan saya.
saya mohon dan meminta sedkit waktu kawan2 dan sahabat2 untuk mengirim do'a ke mbah. \seikhlasnya
saya sangat mengharapkan aksi kawan2 dan sahabat2.

saya memohon kepada kawan2 dan sahabat2 yang membaca postingan saya.
saya mohon dan meminta sedkit waktu kawan2 dan sahabat2 untuk mengirim do'a ke mbah. \seikhlasnya
saya sangat mengharapkan aksi kawan2 dan sahabat2.

saya memohon kepada kawan2 dan sahabat2 yang membaca postingan saya.
saya mohon dan meminta sedkit waktu kawan2 dan sahabat2 untuk mengirim do'a ke mbah. \seikhlasnya
saya sangat mengharapkan aksi kawan2 dan sahabat2.

disamping kita mendapat pahala, kita bisa meringankan beban orang lain.

terimakasih atas kepedulian para kawan2 dan sahabat2 saya
terimakasih.
semoga Allah membalas kebaikan kawan2 dan ssahabat2 dengan ganjaran yang melebihi aksi kalian.
Aamiin aamiin aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar